Mencoba Merangkai Kata

Bahagia Di Hari Tua, Musti Di Persiapkan

2 Feb 2017 - 21:51 WIB

Kehidupan ini akan terus berjalan mulai dari proses kelahiran anak manusia, kemudian beranjak kepada masa kanak-kanak, lalu remaja, dewasa dan sampailah kepada masa menjadi orang tua, semua itu merupakan proses kehidupan dan perkembangan seorang manusia. Masa tua tidak bisa di elakkan suatu hari kita akan menemuinya.

Source Image

Jika hari ini ketika kita masih muda, betapa kita merasa cukup kuat karena kondisi kesehatan yang baik, keuangan yang stabil, pergaulan ( hubungan sosial ) yang menyenangkan. Sehingga tidak sedikit para remaja dan anak muda mengabaikan bahwa nanti suatu saat akan tiba masanya dimana tubuh ini sudah tak berdaya karena fisik mulai melemah, hubungan dengan sesama teman mulai berkurang dan kondisi keuangan tidak lagi stabil karena tidak adanya dana pensiun yang dipersiapkan ketika masih masa muda.

Bagaimana kita mendapatkan kebahagiaan di hari tua ? karena bahagia di hari tua merupakan pilihan setiap orang, maka tidak ada salahnya kita persiapkan saat masa muda agar nanti di hari tua kita bisa merasakan manfaatnya. Bahagia dihari tua itu erat kaitannya dengan kondisi kesehatan, kondisi hubungan sosial kekeluargaan, kondisi ekonomi, keaktifan terhadap sesuatu yang disukai, dan menjaga pola makan yang benar.

Source Image : pixabay.com

Jika sobat bijaksana dan tidak mengabaikan bahagia di hari tua, maka sobat tentunya harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang, dengan biasa melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Tanpa menjaga pola hidup yang sehat, mulai saat sekarang ini ketika masih muda, maka saat memasuki usia tua menderita berbagai penyakit yang berbahaya, bagaimana mungkin kita bisa bahagia di hari tua ? Hidup tidak hanya untuk hari ini, karena sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa suatu saat kita akan memasuki masa tua. Oleh karena itu menjaga pola hidup yang  sehat itu sangatlah penting.

Pola hidup sehat itu dimulai sejak menjaga tidur yang cukup, memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi dan menghindari makanan yang menyebabkan munculnya penyakit untuk kehidupan dimasa tua yang penuh dengan kebahagiaan.

2. Tetap Aktif Dengan Sesuatu Yang Disukai ( Hobi )

Hidup dengan berbagai kegiatan yang menjadi hobi seseorang adalah sangat menyenangkan, sesibuk apapun kita tetaplah menjalani dan melakukan hobi yang selama ini dilakukan.

Hobi yang dilakukan dengan senang hati menjadi dampak positif bagi kondisi kejiwaan seseorang. Bahkan saat tidak memiliki waktu untuk melakukannya akan terasa ada yang berkurang, Seperti jika sobat hobi menulis di Blog, maka saat tidak menulis akan terasa ada yang kurang dan pikiran selalu untuk update blog. 

Kebahagiaan itu merupakan kondisi kejiwaan, maka disaat kita melakukan sesuatu yang memang menjadi hobi kita, maka akan terasa kebahagiaan itu dalam diri kita.

3. Menjaga Hubungan Sosial

Menjaga hubungan baik dengan teman rekan kerja, sanak family, tetangga dan orang-orang disekitar kita adalah sesuatu kebutuhan bagi manusia. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang butuh hidup berdampingan dengan orang lain.

Teman, keluarga, ataupun tetangga merupakan tempat kita saling berbagi kebahagiaan dan kesedihan, sehingga tetap menjaga hubungan baik dengan mereka adalah salah satu cara untuk tetap bisa bahagia. Kini, nanti dan saat masa tua itu tiba.

4. Jangan Abaikan Olahraga

Olahraga tentunya telah sama-sama kita maklumi bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran di hari tua, karena dengan kesehatan yang dimiliki meskipun sudah tua, akan tetap menjadikan kita bahagia di hari tua.

Berbagai kondisi kesehatan itu bisa seseorang dapatkan karena rutin berolahraga, sehingga dimasa tua datang, tetaplah melakukannya meskipun tidak sekuat ketika masih muda. Misalnya jika ketika masih muda olahraga dengan berlari, ketika masuk usia tua kita tetap melakukannya dengan berjalan kaki agar tetap mendapatkan kesehatan tersebut.

5. Mempersiapkan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Poin 1-4 kita mempersiapkan bahagia di hari tua dengan  kondisi kesehatan dan sosial, maka poin yang kelima ini sobat juga harus mempersiapkan diri  mengenai kondisi ekonomi/keuangan dengan mempersiapkan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.
Salah satu tempat untuk kita mempersiapkan jaminan hari tua dan jaminan pensiun itu adalah dengan bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan.

Apakah BPJS Ketenagakerjaan itu  ?

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial. 

Dahulu BPJS Ketenagakerjaan ini bernama Jamsostek dan pada tanggal 1 januari 2014 namanya berganti menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Visi Dan Misi BPJS Ketenagakerjaan

Siapa Saja Peserta BPJS Ketenagakerjaan itu  ?

Mengapa Harus BPJS Ketenagakerjaan ?

Alasan Memilih untuk bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai Berikut : 

1. Untuk bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan tidak sulit, bahkan kalau sobat memiliki waktu datanglah kekantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, jika sobat tidak sempat bisa mendaftar melalui online Kesini : Formulir Bpjs Ketenagakerjaan

2. Iuran yang tidak terlalu berat untuk kelas karyawan dan hanya sekitar 3% dari gaji peserta dan selebihnya dibayarkan oleh perusahaan dimana kita bekerja. Asumsinya seperti ini :

Informasi Selengkapnya : KLIK DISINI

3. Iuran yang kita bayarkan tidak hangus bahkan menjadi dana pensiun untuk kebutuhan kita di hari tua.

4. Proses Klaim ( pengambilan dana ) yang tidak ribet dengan cukup scan dokumen ke website BPJS Ketenagakerjaan dan setelah ada konfirmasi dari pihak BPJSTK dana akan masuk ke rekening peserta.

5. Dilindungi undang-undang :

6. Karena Programnya yang sangat menguntungkan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yaitu : 

4 Program Unggulan BPJS Ketenagakerjaan

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Dalam bekerja semua orang berisiko mengalami kecelakaan, maka bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan perlindungan dan bantuan perawatan terhadap kecelakaan kerja tersebut.

2. Jaminan Hari Tua (JHT)

Hari tua itu sesuatu yang pasti dialami oleh seseorang, program jaminan hari tua ini merupakan program dasar bagi pekerja untuk mendapatkan keamanan dan kepastian sosial ekonomi di hari tua.

3. Jaminan Pensiun (JP)

Memenuhi amanat undang-undang Negara Republik Indonesia, tentang jaminan pensiun maka BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini ingin seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pensiun untuk jaminan hari tua.

4. Jaminan Kematian (JKM)

Program jaminan kematian ini diperuntukkan bagi ahli waris yang ditinggalkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja.

Nah Sobat sudah taukan apa itu BPJS Ketenagakerjaan ? Jika masih belum jelas silahkan simak video pengenalan BPJS ketenagakerjaan berikut ini.

Dengan mengikuti program pada BPJS Ketenagakerjaan berarti kita telah mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Program jaminan hari tua dan jaminan pensiun menjadikan kita tetap bahagia di hari tua.

Mengapa admin katakan tetap bahagia di hari tua, karena dengan keterbatasan kita berbuat pada hari tua untuk mencukupi kebutuhan hidup. Maka dengan bergabung pada BPJS Ketenagakerjaan kita telah mengambil langkah tepat agar tetap “ Bahagia Di Hari Tua “.

Demikianlah artikel tentang “ Bahagia Di Hari Tua, Musti Di Persiapkan “, semoga dengan sedikit informasi disini bisa menjadikan sesuatu yang bermanfaat bagi sobat semua.

Disclaimer ! Hasil karya adalah di luar tanggung jawab otoritas BPJS Ketenagakerjaan dan blogdetik.


TAGS   kesehatan / lifestyle / kesehatan. BPJS ketenagakerjaan / gaya hidup / pensiun /