Mencoba Merangkai Kata

Baluik Lado Hijau, Khas Minangkabau

23 Mar 2017 - 18:03 WIB

Hai sobat blogdetik udah pada makan belum nie ? jika belum yuuk kita melihat sebentar lauk enak dari minangkabau, ya..namanya belut, udah tau belum apakah belut itu ? tau dong, gak mungkin juga gak tau belut ya. Tetapi belut yang satu ini datang dari Minangkabau.

Baluik itulah namanya jika di daerah Sumatera Barat, makanan yang diolah denga cara digoreng ini memiliki cita rasa yang khas dan patut untuk sobat nikmati jika  berkunjung ke Sumatera Barat, Bukittinggi sebagai salah satu kota wisata yang ada di provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang sangat mudah kita temukan makanan dari belut sawah ini.

Saking banyaknya belut didaerah ini maka sangat mudah kita menemui rumah makan yang menyediakan lauk belut cabe hijau ini, bahkan di Bukittinggi ada satu rumah makan yang namanya rumah makan ” Baluik Lado Hijau .” Karena sesuai namanya maka makanan spesifik dirumah makan ini adalah belut cabe hijau yang digoreng.

Nah jika sobat tidak mau jauh-jauh datang ke Sumatera Barat untuk menikmati belut cabe hjiau ini bisa mencobanya sendiri dirumah, dengan mencoba resep sederhana dari saya :

Pertama, siapkan bahan-bahannya :

1. 500 gr Belut, kalau disini belut dari sawah, tentunya bisa juga belut yang dibudidayakan

2. 1 sendok teh garam

3. 2 buah asam kandis

4. Minyak goreng secukupnya

Kedua, siapkan bumbu tumbuk kasarnya ya

1. 200 gr cabe hijau dan kukus

2. 10 butir bawang merah dan kukus

3. 3 siung bawang putih

4. 1 sendok teh garam

5. 1 sendok teh air jeruk nipis

Ketiga, cara mengolahnya :

1. Bersihkan belut dan potong seseuai keinginan lumuri asan kandis dan garam lalu goreng setelah matang angkat dan biarkan terlebih dahulu

2. Tumbuk kasar bumbu yang telah disiapkan tadi lalu tumis sampai berbau harum

3. Campurkan belut dengan bumu tumbuk kasar tadi diaduk sampai rata dan setelah dirasa cukup rata, silahkan diangkat, dan baluik lado hijau siap sobat blogdetik santap bersama keluarga.

Gampangkan cara membuat belut cabe hijaunya, silahkan dicoba dirumah ya, semoga berhasil terimakasih telah berkunjung.

 


TAGS   kuliner /