Mencoba Merangkai Kata

Menjadi Ibu Kartini Masa Kini

21 Apr 2017 - 19:21 WIB

Siapa yang tidak mengenal R.A Kartini, tentunya kita sudah sangat mengenalnya bukan ? bahkan sejak kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Ya…Raden Ajeng Kartini namanya, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara, Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Jasanya yang begitu besar guna memajukan negeri melalui Emansipasi wanita. Cita-cita luhur R.A Kartini adalah ia ingin melihat perempuan pribumi dapat menuntut ilmu dan belajar seperti sekarang ini. Gagasan-gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi olah Kartini, dianggap sebagai hal baru yang dapat merubah pandangan masyarakat. Selain itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang yaitu makna Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan, peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme.

Nah, karena begitu gigihnya perjuangan ibu Kartini, sehingga jasa-jasa beliau akan dikenang sepanjang masa oleh generasi bangsa ini.  Maka oleh sebab itu wahai para ibu Kartini masa kini, tugas kita tidak seberat apa yang diperjuangkan oleh ibu Kartini. Dengan adanya Emansipasi yang telah beliau perjuangkan maka sebagai wanita Indonesia kita dapat berbuat sama yang dilakukan oleh pria dalam hal memajukan negeri ini.

Banyak memang prestasi yang telah ditoreh oleh seorang wanita untuk kemajuan negeri ini, sehingga bagi wanita yang belum bisa berbuat banyak berhentilah bertanya ” Apa yang telah negeri ini berikan untukku ?,” namun haruslah berpikir dan tanyakan pada diri ” Apa yang telah saya perbuat untuk negeri ini ?. “

Kita bisa belajar dari mereka para wanita Indonesia yang telah berhasil menjadikan harum nama Indonesia ini dan memiliki prestasi dalam bidang mereka masing-masing.

Gambar diatas dua orang wanita yang berprestasi dan menjadi orang yang bisa dibanggakan oleh negeri ini, sebenarnya jika kita telusuri masih banyak lagi wanita-wanita Indonesia yang memiliki prestasi dan menjadi orang yang patut di banggakan oleh negeri ini, sebagai seorang wanita kita bisa melakukan banyak hal dalam rangka mencontoh sikap ibu Kartini dan menjadi Kartini masa kini, seperti dengan melakukan hal terbaik dimanapun kita berada, menjadi seorang istri terbaik buat suami, menjadi seorang ibu terbaik buat anak-anak serta menjadikan diri ini bermanfaat untuk orang disekeliling kita.


TAGS   opini / pendidikan /