Mencoba Merangkai Kata

Liburan Tetap Belajar, Kenapa Tidak ?

1 May 2017 - 08:47 WIB

Horeee…Liburan, itu kata yang selalu diucapkan bagi pelajar disaat berada pada kalender merah. Bahagia, senang, gembira dan bersuka ria saat liburan datang merupakan reaksi mereka. Namun sebagai orang tua ada baiknya kita memilih liburan bagi anak-anak kita namun mereka tetap belajar. ” Lho..kok belajar mas ? kan saat liburan, saatnya happy-happy“. 

Liburan memang benar merupakan refresing dari kesibukan pekerja kantoran, ataupun pekerja pabrik maupun sebagai pelajar, namun memilih liburan tetap dalam proses pembelajaran merupakan pilihan bijak bagi orang tua. Apakah dalam libur sambil belajar, siswa masih membawa buku, alat tulis, maupun perlengkapan sekolah ? itu tergantung bagi kita orang tua, jika tidak membawa perlengkapan belajar sekolah tidak jadi persoalan, namun yang dimaksud tetap belajar disini, adalah memilih objek wisata yang berisi pembelajaran bagi siswa.

 Diantara objek wisata yang tetap memberikan pembelajaran bagi siswa itu adalah sebagai berikut :

1. Museum Sejarah

mengunjungi museum sejraah secara tidak langsung menjadikan siswa untuk tetap belajar meskipun sedang menjalani liburan. Karena dengan mengunjungi museum sejarah mereka akan mengenal lebih dekat sejarah-sejarah yang ada di Indonesia, sehingga apa yang mereka pelajari di bangku sekolah mereka temui pada museum sejarah tersebut.

2. Kebun Binatang

Mengunjungi kebun binatang secara tidak langsung sebenarnya kita telah membawa anak untuk libur tetapi tetap belajar karena di sekolah mereka belajar tentang hewan dengan mengunjungi kebun binatang kita mengenalkan langsung kepada siswa tentang hewan yang mereka pelajari di sekolahnya.

3. Wisata Alam

Memilih wisata alam juga menjadikan anak langsung belajar dari alam, mengenal tumbuh-tumbuhan sekitar, mengenal alam lingkungan yang tidak hanya mereka ketahui lewat buku pelajaran di sekolah, namun mereka mengenal secara nyata tentang lingkungan alam sekitar.

Itulah beberapa liburan bagi pelajar, namun mereka masih tetap belajar, semoga anak-anak kita menjalani liburannya menajdi semakin menyenangkan, tetapi tetap menjalani proses pembelajaran secara langsung dengan mengunjungi objek wisata tersebut.


TAGS   pendidikan /