Mencoba Merangkai Kata

Sudahkah Kita Merasakan Lapar yang Mereka Rasakan ?

2 Jun 2017 - 10:37 WIB

Berpuasa banyak sekali hikmah yang akan kita dapatkan, salah satunya adalah dari segi sosial. Apakah seminggu puasa yang telah kita jalani telah memberikan dampak sosial pada setiap diri kita yang menjalankannya ??? Diluar sana banyak sekali orang miskin dan anak-anak yatim terlantar yang harus merasakan tidak enaknya rasa lapar. Terkadang, mereka makan sehari sekali, bahkan ada yang terpaksa puasa karena memang tidak ada yang bisa mereka makan.

Sudah sepantasnyalah Ramadhan menjadi momentum pendidikan bagi kita untuk merasakan lapar sebagaimana mereka juga merasakan lapar, makanan yang pada dasarnya hak dan milik kita halal untuk dimakan, tetapi Allah uji kita dengan menahan untuk tidak memakannya pada saat siang hari di bulan Ramadhan.

 

Jika momentum berpuasa telah berhasil membuat kita mengambil makna didalamnya tentu kita tidak lagi melakukan :

1. Membuang-buang makanan ( Mubazir ) berlebihan saat mengkonsumsi tidak sesuai dengan kemampuan perut kita menampungnya.

2. Malas makan dengan berbagai alasan, karena kita sadar betapa tidak enaknya disaat ada makanan namun kita tidak boleh menyentuhnya untuk dikonsumsi karena sedang berpuasa.

3. Dan lain-lain

 

Namun, puasa telah mendidik kita agar melakukan :

1. Hidup lebih disiplin, karena makan diatur tidak makan sesuka dan kapan kita mau saja

2. Hemat karena kita tau betul bahwa makanan yang halal saja tidak bisa dimakan saat siang bulan Ramadhan, maka tidak lagi melakukan perbuatan yang mubazir.

3. Ikut merasakan penderitaan fakir dan miskin yang hanya mampu makan sekali sehari saja, atau bahkan terpaksa berpuasa diluar bulan Ramadhan karena tidak ada yang bisa dikonsumsi.

4. Berjiwa sosial, setelah merasakan yang mereka ( fakir miskin ) rasakan kita akan tersentuh untuk senantiasa berbagi dengan mereka yang memang membutuhkannya, terutama berbagi makanan, karena berbagi makanan ( untuk berbuka ) juga bernilai pahala disisi Allah sama seperti pahala orang yang melaksanakan puasanya, tanpa mengurangi pahala puasa mereka karena kita telah memberinya makanan untuk berbuka.

5. Peduli akan keadaan lingkungan sekitar, puasa juga mendidik kita agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, karena disaat berpuasa kita mengerti orang lain yang sedang berpuasa juga sama seperti kita merasakan haus dan lapar, maka dengan berpuasa kita dididik untuk lebih mengerti dengan kondisi dimana kita tinggal dan merasakan penderitaan orang lain.

Demikianlah tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat untuk semua pembaca. 


TAGS   pendidikan /