Mencoba Merangkai Kata

Serunya Ngabuburit dari Jam Gadang ke Pasar Pabukoan

7 Jun 2017 - 17:05 WIB

Tradisi Ngabuburit sudah tidak bisa dielakkan lagi dalam kehidupan kita saat menjelang berbuka puasa di bulan suci Ramadhan, disadari ataupun tidak kita setiap hari menjalani yang namanya ngabuburit menjelang berbuka puasa itu.

Tidak ingin sulit memahami ” Ngabuburit , ” menurut pemahaman saya ngabuburit itu adalah kegiatan  menunggu saat-saat berbuka puasa, tentunya dengan kegiatan positif dan fresh. Seperti JJS ( Jalan-jalan sore ) sambil lihat keindahan alam sekitar dimana kita tinggal. Kumpul-kumpul sama teman-teman, keluarga, maupun hanya duduk sendri ditepi pantai sambil menunggu beduk berbuka tiba.

Dalam ngabuburit banyak tempat yang bisa dikunjungi, seperti Mall, Arena permainan, Kebun binatang dan lokasi wisata, sambil menikmati keindahan didalamnya, tanpa terasa waktu berbuka datang ditandai dengan beduk yang berbunyi, padahal permainan belum usai. Namun, begitulah ngabuburit seseru apapun kegiatannya endingnya adalah kegembiraan saat waktu berbuka itu datang, jika sempat berbuka di rumah kita buka di rumah, kalau gak sempat ya..mungkin harus berbuka di lokasi ngabuburit tersebut.

Nah..Jika Anda ke Bukittinggi…banyak tempat seru untuk ngabuburit, salah satunya dengan mengunjungi taman jam gadang, taman jam gadang yang kita kenal sebagai icon kota wisata Bukittinggi, paling seru jika kita kunjungi saat-saat menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit, selain tempat ini ramai dikunjungi masyarakat bahkan saat ngabuburit. Suasana disini juga aman dan nyaman serta hawa sejuk dari hembusan angin membuat tubuh kita kembali segar.

Setelah menikmati keindahan dan keseruan sekitar taman jam gadang, kita bisa lanjut bergeser sedikit dengan berjalan kaki menuju jenjang 40, ya jenjang 40 juga merupakan icon kota Bukittinggi yang menghubungkan antara pasar bawah dan pasar atas Kota Bukittinggi seperti gambar dibawah ini.

Ya…gambar diatas merupakan jenjang 40 yang menghubungkan pasar bawah dan pasar atas kota Bukittinggi, yang ketinggiannya cukup lumayan ya teman, jenjang itu dalam bahasa minang adalah tangga jadi ini merupakan anak tangga yang kita telusuri didalam pasar, serunya itu naik dari bawah sampai keatas bisa keluar keringat kita, mantapkan…jadi ngabuburit melalui jenjang 40 ini selain seru juga olahraga, apalagi bagi teman yang jarang sempat olahraga, tambah seru melewati jenjang 40  ini.

Nah..diatas jenjang 40 inilah yang pada setiap bulan Ramadhan terdapat Pasa Pabukoan ( pasar tempat orang jual perbukaan ). Jika melewati jam gadang berarti kita akan melihat kebawah posisi jenjang 40 dan diatas pasa pabukoan. Namun, jika kita dari pasar bawah berarti kita berada dibawah dan perlu menaiki anak tangga ini untuk sampai pada pasa pabukoan ini.

Pilih-pilih saja teman, banyak sekali menu untuk berbuka puasa yang bisa kita temukan disini, tinggal cari yang sesuai selera teman. Setelah mendapatkan menu buka puasanya saatnya kita pulang untuk mengakhiri ” Ngabuburit ” pada sore hari ini.


TAGS   religi / ngabuburit /