Mencoba Merangkai Kata

Meninggal di Bulan Ramadhan, Benarkah Masuk Surga ?

12 Jun 2017 - 16:41 WIB

Kematian adalah suatu kepastian yang akan dihadapi oleh seseorang, tidak ada satupun manusia yang bisa luput dari yang namanya kematian, jika perjanjian dengan Allah itu datang alias maut. Maka tidak bisa kita undur lagi meskipun hanya sedetik saja, begitupun sebaliknya menginginkan kematian itu segera datang padahal belum waktunya tidak akan bisa juga kita memintanya.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, bulan yang penuh ampunan serta bulan pembebasan dari siksaan api neraka, bagi siapa ? tentu bagi mereka yang beriman dan beramal shaleh, senantiasa mengerjakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Diantara kita mungkin sering mendengar bahwa orang mengatakan “ Orang meninggal bulan puasa itu masuk surga lho… ” apakah pendapat ini benar ? apakah orang yang meninggal dunia bulan Ramadhan lalu dijamin masuk surga?jawabannya ternyata tidak, coba kita perhatikan Firman Allah berikut ini :

“ Dan, orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (Q.S Al-Baqarah: 82)

Dan dalam surah yang lain :

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari yang telah mereka kerjakan. (Q.S. An-Nahl: 97).

Berdasarkan firman Allah tersebut bahwa tidak ada hubungan bulan kematian dengan masuk kedalam surga, kedua hal itu adalah sesuatu yang berbeda, mau kapanpun seseorang itu meninggal dunia, asalkan ia beriman dan beramal shaleh maka masuk surga.

Sebaliknya, meskipun seseorang tersebut meninggal pada bulan Ramadhan dengan membawa amalan buruk, hidup suka menyusahkan orang lain, ibadah tidak dilaksanakan, dan segala perilaku buruk menjadi kebiasaan selama hidup, maka bisa menyebabkan ia masuk kedalam api neraka.

Itulah sedikit penjelasan tentang kematian seseorang pada bulan Ramadhan, tidak lantas membebaskan ia dari siksa api neraka, tetapi neraka ataupun surga diperoleh oleh seseorang karena amalan dan ridho Allah SWT, semoga kita menjadi hamba yang selalu mendapatkan hidayah dari Allah SWT dan suatu saat ajal datang, mati dalam keadaan Khusnul Khotimah, Aaamiiin.

 


TAGS   religi / Religius /