Mencoba Merangkai Kata

Serunya Merayakan Kemerdekaan Saat SD

15 Aug 2017 - 18:29 WIB

Menempuh pendidikan sekolah dasar memang sangat menyenangkan, masa-masa itu penuh dengan permainan, setiap hari rasanya ingin terus bermain. Main bola meskipun dilapangan berlumpur sekalipun, main petak umpet sampai senja hari, main kelereng dan berbagai permainan seru lainnya adalah hal yang sangat menyenangkan saat itu. Jika waktu bisa diputar mungkin kita masih mau kembali ke masa-masa itu.

Lomba makan Kerupuk di SD 004 Belantaraya

Hari ini setelah puluhan tahun yang lalu dari masa-masa sekolah dasar, saat saya menjadi guru SD. Saya kembali diingatkan akan permainan masa-masa masih duduk di bangku sekolah dasar tersebut. Satu hal yang menarik adalah meskipun telah sekian tahun yang lalu, hari ini ternyata permainan yang sama masih dimainkan saat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 ini.

Meskipun posisi saya bukan lagi sebagai murid tetapi keseruan dan kegembiraan itu masih dapat dirasakan. Melihat senyum dan ketawa mereka, betapa bahagianya menjadi seorang siswa sekolah dasar, tanpa beban, tidak memikirkan beban hidup dan yang ada hanyalah keseruan.

Permainan perayaan Kemerdekaan itu sepertinya tak lekang di makan waktu. Ya..sebut saja permainan lomba makan kerupuk, pacu karung, memasukkan pensil ke dalam botol dan berbagai permainan lainnya menambah keseruan semaraknya hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lantas apakah hubungan semua permainan itu dengan Kemerdekaan ? kalau secara logika kita pikirkan mungkin tidak ada hubungannya sama sekali, tetapi tahukah Anda bahwa merdeka pada hakikatnya adalah suatu hal yang menjadikan kita terbebas dari penjajahan, bebas dari penjajahan adalah suatu hal yang sangat mengembirakan. Maka kegembiraan itu diwujudkan dalam bentuk rasa gembira yang dapat dirasakan oleh generasi yang tidak ikut melawan penjajahan. 

Kami, Anda dan kita semua adalah generasi yang gembira akan Hak kemerdekaan yang telah didapatkan oleh nenek moyang dahulu, oleh pahlawan yang rela berkorban harta, jiwa bahkan jawa sekalipun demi tujuh huruf yang menjadikan kita negara yang bermartabat dimata dunia, menjadikan kita negara yang dapat menikmati hasil dari bumi pertiwi tanpa dihantui penjajah lagi. Tujuh kata itu tak lain dan tak bukan adalah ” Merdeka “. Sekali Merdeka tetap Merdeka.

Lomba Pacu Karung di SD 004 Belantaraya

Suporternya banyak juga ya, hii

 Serunya itu dapat makan kerupuk, menang dapat hadiah pula, hooreee…Itulah kiranya keseruan yang dapat dinikmati pada masa-masa sekolah dasar, bahagia tak terkira. Sekian terima kasih.

 

 

 


TAGS   opini /