Mencoba Merangkai Kata

Mengenal James Wong Howe yang Jadi Google Doodle Hari ini

28 Aug 2017 - 15:30 WIB

Hari ini ada yang beda saat ingin menjelajah pada search engine terbesar di dunia yaitu google. Kalau Anda perhatikan akan melihat ada photo berlatar hitam putih seorang tokoh yang bernama James Wong Howe. Lantas apakah yang menyebabkan ia menjadi Google Doodle Hari ini. Tentu google memilih orang/tokoh tertentu untuk mengisi ruang Google Doodle bukan tanpa alasan.

Untuk mengetahui siapa James Wong Howe, mari kita simak ulasannya berikut ini :

James Wong Howe adalah seorang sinematografer Amerika kelahiran China kelahiran 28 Agustus 1899 dan telah meninggal pada 12 Juli 1976. Dia masuk dalam jajaran sinematografer paling berpengaruh, hasil survei International Cinematographers Guild.

James Wong Howe dikenal karena teknik film inovatif pada masanya. James Wong Howe mengawali karirnya pada dunia perfilm-an dengan nama James Howe. 

Pada tahun 1930-1940-an Howe menjadi salah satu sinematografer terdepan di Hollywood,Howe juga dinominasikan untuk sepuluh Academy Awards untuk sinematografi memenangkan dua untuk The Rose Tattoo,Howe dianggap menjadi salah satu dari sepuluh sinematografer paling berpengaruh dalam sebuah survei para anggota International Cinematographers Guild.

James Wong Howe lahir Wong Jung Tim di Taishan Provinsi Kanton China pada tahun 1899,ayahnya pindah ke Amerika pada tahun itu untuk bekerja di Northern Pacific Railway dan pada tahun 1904 ia dan keluarganya pindah ke amerika disana mereka memiliki toko .

Sebuah kamera Brownie, yang dikatakan telah dibeli di Pasco Drug (tengara kota yang sekarang ditutup) saat ia masih kecil, memicu minat awal terhadap fotografi. Setelah kematian ayahnya, Howe remaja pindah ke Oregon untuk tinggal bersama pamannya dan secara singkat mempertimbangkan (1915-16) karir sebagai petinju kelas bantam. Setelah mengumpulkan catatan 5 kemenangan, 2 kerugian dan hasil imbang, Howe pindah ke San Francisco Bay Area dengan harapan bisa menghadiri sekolah penerbangan namun kehabisan uang dan pergi ke selatan ke Los Angeles. Sesampai di sana, Howe mengambil beberapa pekerjaan aneh, termasuk bekerja sebagai anak pengiriman fotografer komersial dan sebagai busboy di Hotel Beverly Hills.

Setelah bertemu dengan mantan rekan tinju yang memotret Mack Sennett di jalan-jalan di Los Angeles, Howe mendekati sinematografer Alvin Wyckoff dan menyelesaikan pekerjaan tingkat rendah di lab film di Famous Players-Lasky Studios. Segera setelah itu, dia dipanggil ke rumah The Little American untuk bertindak sebagai anak laki-laki bertubuh ekstra, yang membawanya bersentuhan dengan sutradara film bisu Cecil B. DeMille. Bingung melihat Asia kecil yang memegang batu tulis itu dengan cerutu besar di mulutnya, DeMille terus Howe dan meluncurkan karirnya sebagai asisten kamera. Untuk mendapatkan uang tambahan, Howe masih memiliki publisitas untuk bintang Hollywood.

Salah satu foto yang masih beredar meluncurkan karir Howe sebagai seorang sinematografer saat ia menemukan cara untuk membuat bintang film bisu Mary Miles Minter terlihat lebih gelap dengan memotretnya saat melihat permukaan yang gelap. Minter meminta Howe menjadi kameramen pertama, yaitu direktur fotografi, pada penampilan berikutnya, dan Howe menembakkan closeups Minter untuk Drum of Fate dengan menempatkan beludru hitam dalam bingkai besar di sekitar kamera.

Sepanjang karirnya, Howe mempertahankan reputasi untuk membuat aktris terlihat terbaik melalui pencahayaan sendirian dan jarang menggunakan kasa atau difusi lain di atas lensa untuk melunakkan fitur mereka. Howe bekerja dengan mantap sebagai sinematografer dari tahun 1923 sampai akhir era film bisu.

Demikianlah informasi hari ini yaitu mengenai ” Mengenal James Wong Howe yang Jadi Google Doodle Hari ini “. Terimakasih telah berkunjung.


TAGS   tokoh /