Mencoba Merangkai Kata

Tradisi Mandi Badudus, Pada Pengantin Di Banjar Masin

8 Feb 2017 - 16:56 WIB

Tradisi di Indonesia itu memang cukup beragam dari Aceh sampai Papua, tentunya memiliki keragaman Budaya dan tradisi tersendiri, salah satu tradisi yang terbilang unik, adalah tradisi pengantin suku banjar, namanya ” Badudus “.

Mandi Badudus itu adalah mandi sebelum pelaksanaan resepsi pernikahan sepasang penganti pada suku banjar, dilakukan pada sore maupun malam harinya.

Jadi, mandi pada pengantin suku banjar ini, bukan mandi biasa karena menggunakan peralatan mandi yang dilakukan secara adat, serta disaksikan oleh umum.

Mandi didepan umum ? gak malu ya, hehe…ya kalau ini dilakukan oleh suku lain yang tidak biasa tentunya menjadi hal lain, namun tidak pada suku banjar ini merupakan tradisi yang telah lama ada sejak dahulunya.

Mandi pengantin banjar ini dilakukan oleh orang-orang tua ( Sepuh) dan kaum ibu dari pihak pengantin, bisa dari pihak mempelai wanita, maupun dari pihak mempelai pria, biasanya dalam mandi badudus ini dipersiapkan peralatan seperti, bunga-bungaan dan utamanya adalah Mayang pinang yang dikucurkan air kelapa diatasnya.

Mitosnya pada pengantin suku banjar ?

Setiap tradisi di Indonesia itu biasanya memiliki mitos yang telah dipercayai oleh masyarakat setempat khususnya pada pihak yang melaksanakan tradisi tersebut, konon pelaksanaan mandi ini memiliki tujuan agar nanti pasangan yang akan menempuh mahligai rumah tangga, terhindar dari berbagai macam marabahaya.

Itulah mandi adat pada calon pengantin suku banjar masin, semoga menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi yang ada di Indonesi ini.


TAGS   budaya /