Mencoba Merangkai Kata

Sulitnya Merubah Kebiasaan Buruk

13 Mar 2017 - 22:57 WIB

Suatu hal yang menjadi kebiasaan seseorang, apakah itu merupakan kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk maka akan sulit sekali untuk merubahnya, jika yang dilakukan itu merupakan kebiasaan baik maka tidak perlu dirubah, karena memang itulah yang diharapkan.

Kebiasaan buruk tentunya harus dirubah dari diri seseorang, baik itu kebiasaan pada anak, kebiasaan buruk pada orang tua maupun kebiasaan buruk diri kita sendiri. Misalnya kebiasaan merokok karena ini merupakan suatu kebiasaan akan sulit sekali untuk meninggalkan kebiasaan itu, meskipun perokok itu sendiri menyadari bahwa itu adalah kebiasaan yang tidak baik.

Kebiasaan buruk lainnya seperti bangun tidur kesiangan, jika ini dibiarkan terus menerus maka ia akan menjadi kebiasaan buruk yang sulit sekali untuk dirubah, apalagi jika terjadi pada anak sekolah, maka mengakibatkan ia selalu terlambat datang ke sekolah.

Kebiasaan buruk itu akan berdampak pada rutinitas seseorang, sebut saja siswa sering terlambat bangun pagi maka akan tertinggal pelajaran di sekolah, pekerja kantor/pegawai/karyawan terlambat datang ketempat ia bekerja maka menyebabkan pekerjaannya terbengkalai dan merugikan pihak tempat ia bekerja dan merugikan ia sendiri, seperti sering mendapat teguran dari atasan, adanya pemotongan gaji, bahkan bisa saja terjadinya PHK karena sering melanggar disiplin.

Lantas adakah cara untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu ?

Semua itu tergantung pada diri kita sendiri, adakah niat untuk merubahnya, karena kebiasaan buruk itu bisa ditinggalkan dengan melakukan :

1. Memasang niat untuk benar-benar dengan tekad yang kuat meninggalkan kebiasaan buruk itu sendiri.

2. Tanamkan dalam diri tentang kerugian yang diakibatkan dari melakukan perbuatan buruk.

3. Minta teman, atasan, ataupun orang tua untuk selalu mengingatkan bahwa kebiasaan buruk yang kita lakukan itu tidak baik.

4. Biasakan diri melakukan perbuatan yang lebih baik, ini penting kita lakukan dalam rangka meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, seperti jika kita terlau sering terlambat bangun pagi tinggalkan, segera cari langkah tepat agar esok cepat bangunnya seperti menghidupkan alarm dan jadwalkan di jam yang lebih cepat daripada biasanya.

Itulah yang dapat saya tulis pada hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan terutama untuk diri ini pribadi.

 


TAGS   pendidikan / gaya hidup /